KEGIATAN PKL H1 (11/06/2024)

 INSTALASI WIN 11

By Pipit



Halo teman-teman!

Saya ingin berbagi pengalaman pertama saya melakukan instalasi Windows 11 selama kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di salah satu perusahaan IT ternama. Sebagai siswa SMK yang sedang mendalami dunia teknologi, ini adalah momen yang sangat saya nantikan. Berikut adalah cerita lengkapnya!

Persiapan Awal

Sebelum memulai proses instalasi, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan:

  1. Perangkat yang Dibutuhkan:

    • Komputer atau laptop yang kompatibel dengan Windows 11.
    • Flash drive dengan kapasitas minimal 8GB.
    • Koneksi internet untuk mengunduh file instalasi.
  2. Mengunduh Windows 11: Saya mengunjungi situs resmi Microsoft untuk mengunduh file ISO Windows 11. Proses pengunduhan berjalan lancar berkat koneksi internet yang stabil.

  3. Membuat Bootable USB: Saya menggunakan tool Rufus untuk membuat USB bootable. Langkah-langkahnya cukup sederhana:

    • Masukkan flash drive ke komputer.
    • Buka Rufus dan pilih file ISO Windows 11.
    • Klik "Start" dan tunggu hingga proses selesai.

Proses Instalasi

Setelah semua persiapan selesai, saya mulai proses instalasi Windows 11. Berikut adalah langkah-langkah yang saya lakukan:

  1. Boot dari USB:

    • Restart komputer dan masuk ke BIOS.
    • Atur boot priority agar USB drive berada di posisi pertama.
    • Simpan pengaturan dan restart kembali.
  2. Memulai Instalasi:

    • Setelah boot dari USB, muncul tampilan Windows Setup.
    • Pilih bahasa, waktu, dan layout keyboard, lalu klik "Next".
    • Klik "Install Now" untuk memulai instalasi.
  3. Memasukkan Product Key:

    • Masukkan product key Windows 11 yang valid. Jika tidak punya, pilih opsi untuk memasukkannya nanti.
  4. Memilih Jenis Instalasi:

    • Saya memilih "Custom: Install Windows only (advanced)" untuk instalasi bersih.
  5. Memilih Partisi:

    • Pilih partisi tempat Windows 11 akan diinstal. Saya memilih partisi yang telah dipersiapkan sebelumnya.
  6. Proses Instalasi Berjalan:

    • Proses penyalinan file, pengaturan fitur, dan instalasi pembaruan berjalan dengan lancar tanpa kendala.

Konfigurasi Awal

Setelah instalasi selesai, komputer melakukan restart beberapa kali dan masuk ke tahap konfigurasi awal:

  1. Pengaturan Awal:

    • Saya mengikuti panduan untuk mengatur lokasi, bahasa, dan layout keyboard.
    • Menghubungkan komputer ke jaringan Wi-Fi.
  2. Membuat Akun Pengguna:

    • Saya memilih membuat akun Microsoft untuk sinkronisasi yang lebih baik dengan layanan Microsoft lainnya.
  3. Pengaturan Privasi:

    • Menyesuaikan pengaturan privasi sesuai preferensi.

Pengalaman dan Kesimpulan

Proses instalasi Windows 11 ini berjalan sangat lancar tanpa hambatan. Dari persiapan awal hingga konfigurasi akhir, semuanya dapat diselesaikan dengan mudah. Pengalaman ini sangat berharga bagi saya sebagai siswa SMK yang sedang mendalami dunia IT.

Saya sangat antusias untuk melanjutkan kegiatan PKL ini dan berharap bisa mendapatkan lebih banyak pengalaman berharga di dunia teknologi. Terima kasih telah membaca pengalaman pertama saya melakukan instalasi Windows 11!

Jika kalian memiliki pertanyaan atau ingin berbagi pengalaman serupa, jangan ragu untuk meninggalkan komentar di bawah. Sampai jumpa di postingan selanjutnya!

Salam, [Siswa SMK]



Komentar

Postingan populer dari blog ini